Wisata South Shore Jogja

Yogyakarta tidak hanya bisa memunculkan destinasi wisata yang kaya akan nilai budaya, melainkan juga wisata yang unik dan kekinian.

Seperti destinasi wisata yang muncul pada September 2020 lalu bernama South Shore Jogja.

Destinasi wisata berupa café ini mengusung konsep layaknya beach club di Bali dan café di pesisir pantai Santorini sehingga menjadikannya menarik sebagai tempat nongkrong bagi anak muda.

Lokasinya yang terletak di tepi pantai juga membuatnya menjadi tempat terbaik untuk menunggu dan menikmati pemandangan matahari terbenam.

Tanpa berlama-lama, mari ketahui lebih lanjut informasi dari Tourismnews mengenai lokasi wisata South Shore Jogja, beserta HTM, jam operasional, dan fasilitas menarik yang ada di dalamnya.

Sekilas Tentang South Shore Jogja

review south shore jogja

South Shore Jogja awalnya adalah sebuah penginapan bernama Homestay Crab.

Namun, pada September 2020 lalu, penginapan tersebut diubah menjadi sebuah café kekinian yang digemari oleh anak muda dan sobat senja sebagai tempat nongkrong dan bersantai.

Café South Shore mengusung konsep layaknya beach club di Bali dan cafe-cafe di pesisir pantai Santorini.

Semua aspek, mulai dari arsitektur, eksterior, hingga interiornya dibuat semirip mungkin guna menciptakan nuansa yang serupa dengan destinasi wisata tersebut.

Penataan tempat duduknya pun mengarah langsung ke pantai sehingga pengunjung bisa melihat hamparan pasir putih dan lautan lepas yang ada di selatan Yogyakarta.

Area tempat makannya dilengkapi dengan payung-payung cantik sebagai pelindung dan peneduh dari panasnya terik matahari.

Jadi, meski cuaca sedang panas, pengunjung café bisa tetap merasa nyaman, terlebih karena adanya hembusan angin yang menyegarkan.

Café South Shore juga terletak di ketinggian sehingga menjadikannya sempurna sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam pantai selatan.

Tak heran, banyak pasangan yang menghabiskan waktu di tempat ini untuk menikmati pemandangan alam, terutama pemandangan saat matahari terbenam.

Lokasi dan Rute Menuju South Shore Jogja

lokasi South Shore

Lokasi café kekinian ini terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja, kamu perlu menempuh jarak sekitar 67 km dan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi wisata ini.

Bagi kamu yang belum pernah ke wilayah Gunungkidul, kamu tidak perlu khawatir karena lokasi café ini mudah ditemukan dan berada tepat di Pantai Ngandong atau di samping Pantai Ngundak.

Jadi, jika kamu menggunakan Google Maps, kamu bisa memilih South Shore Café atau Pantai Ngandong sebagai titik lokasi tujuan.

Kunjungi Juga Wisata Bukit Paralayang Jogja

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

South Shore Jogja buka di hari Selasa hingga hari Minggu dengan ketentuan jam operasional yang berbeda-beda, yaitu:

HariJam Buka
Selasa – Kamis12.00 – 19.00 WIB
Jumat13.00 – 19.00 WIB
Sabtu – Minggu12.00 – 19.00 WIB

Untuk HTM atau harga tiket masuknya sendiri, South Shore Jogja memberlakukan dua jenis tiket, yaitu Ocean Sunset dan Sunset.

  • Ocean Sunset

Rp200.000/pax (sudah termasuk akses masuk pantai, parkir, infinity pool, bathroom, handuk, dan voucher Food & Beverage senilai Rp100.000)

  • Sunset

Rp100.000/pax (sudah termasuk akses masuk pantai, parkir, bathroom, dan voucher Food & Beverage senilai Rp70.000)

Adapun harga yang diberlakukan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa saja terdapat promo menarik yang dibuat oleh pihak pengelola.

Kamu juga sebaiknya melakukan reservasi di website resminya terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat.

Namun, kamu juga tetap bisa datang tanpa reservasi atau walk-in, hanya saja harga tiket masuknya akan berbeda yaitu Rp250.000/pax (dengan voucher F&B senilai Rp100.000).

Fasilitas Wisata di South Shore Jogja

Tidak hanya menyuguhkan tempat dan pemandangan yang cantik, South Shore Jogja juga menyediakan fasilitas penunjang yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Mulai dari area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi yang bersih, hingga akses langsung menuju pantai.

Fasilitas wisata yang disediakannya pun sangat menarik, seperti pemberlakuan voucher makan, infinity pool, dan spot foto instagenic yang beragam.

1. Voucher Makan

menu south shore jogja

Seperti telah disebutkan di atas, untuk dapat menikmati keindahan di South Shore, pengunjung perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000 – Rp250.000. Harga ini sudah termasuk voucher makan sebesar Rp70.000 – Rp100.000.

Pemberlakuan voucher makan ini cenderung unik dibanding café dan resto lain yang ada di sekitar kawasan Gunungkidul.

Voucher ini nantinya dapat ditukarkan untuk beragam menu lezat yang ada di South Shore, seperti spaghetti, grilled salmon, hingga fish and chips.

Tentunya, kamu juga bisa memesan menu lainnya, yang mana harganya berkisar di angka Rp35.000 – Rp70.000.

2. Infinity Pool

South Shore Jogja juga mempunyai kolam renang yang biasa disebut dengan nama infinity pool.

Alih-alih digunakan sebagai kolam renang, infinity pool lebih sering digunakan untuk spot berfoto karena areanya yang tidak terlalu luas dan dalam.

Terlebih lagi, infinity pool ini terletak persis di tengah-tengah café sehingga pengunjung juga disarankan menggunakan pakaian yang sopan.

3. Spot Foto Instagenic

south shore jogja harga

Café South Shore yang terletak di tebing ini didesain dengan warna putih sehingga mirip dengan Santorini, Yunani. Karena itu, setiap sudut di area café ini bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Salah satunya adalah di area tangga depan yang merupakan akses utama untuk masuk ke café, di mana area tersebut dikelilingi oleh pepohonan dan bebatuan.

Bisa juga di tepi infinity pool yang menghadap langsung ke pantai selatan. Bahkan, di area tempat makannya pun kamu akan mendapat latar belakang foto yang cantik dari indahnya langit, terutama saat senja.

Sayangnya, melansir dari laman idntimes.com, pengunjung yang ingin membawa kamera profesional seperti DSLR, mirrorless, dan drone, akan dikenakan biaya tambahan, mulai dari Rp100.000 atau tergantung dari jenis peralatan yang dibawa.

Karena itu, ada baiknya jika kamu menyiapkan budget lebih jika ingin berkunjung ke sini.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke South Shore Jogja? Jika iya, segera agendakan dengan keluarga, teman, pasangan, maupun rekan bisnis Anda.

Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat dan bisa mendapatkan promo menarik jika sewaktu-waktu tersedia.

Karena berkonsep outdoor, kamu juga harus bersiap dengan hembusan angin yang terkadang sangat kencang lantaran bersisian langsung dengan laut lepas.

Terlebih saat memasuki musim hujan, di mana tempat untuk berteduh di area café cukup minim. Jadi, kamu sebaiknya mengecek prakiraan cuaca dan membawa payung lipat.

Jangan lupa pula untuk memakai sunscreen atau sunblock, terutama bagi kamu yang datang saat siang hari.

Dengan begitu, kamu bisa nongkrong dengan nyaman tanpa takut kulit akan terbakar karena sinar matahari.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar