Wisata Dino Park Jogja

Destinasi wisata di Yogyakarta sangatlah beragam. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan destinasi wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata dengan konsep kekinian.

Begitu pun dengan wisata edukasi yang belakangan ini terus dikembangkan agar liburan ke Jogja tidak hanya menyegarkan, melainkan juga menambah pengetahuan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dino Park Jogja, objek wisata edukasi yang berada di kawasan Merapi Park.

Apabila kamu berencana untuk berlibur ke Jogja bersama keluarga, terutama anak-anak, Dino Park bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, berikut ini beberapa informasi mengenai Dino Park Jogja yang bisa menjadi panduan agar liburan kamu nantinya dapat berjalan dengan lancar.  

Objek Wisata Dino Park Jogja

Dino Park Jogja

Dino Park Jogja merupakan destinasi wisata yang masih menjadi bagian dari Merapi Park yang beberapa tahun belakangan ini viral.

Destinasi wisata yang baru dibuka secara soft opening pada 2 Mei 2022 ini berupa taman hiburan yang menggabungkan unsur pendidikan dan petualangan di alam terbuka.

Sesuai namanya, Dino Park Yogyakarta menghadirkan visualisasi nyata mengenai kehidupan dinosaurus beserta satwa purba lainnya di zaman purbakala.

Visualisasi dinosaurus ini dituangkan melalui robot dinosaurus yang dari segi bentuk, jenis, dan ukurannya sama dengan aslinya.

Lokasinya pun dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya sehingga dipenuhi dengan pepohonan, ilalang, dan rerumputan.

Pengunjung akan menemukan beragam spesies dinosaurus, mulai dari T-Rex, Brontosaurus, Stegosaurus, Triceratops, hingga Dilophosaurus, yang semuanya bisa bergerak dan mengeluarkan suara.

Di sinilah, pengunjung akan merasa dibawa kembali ke kehidupan zaman dahulu.

Di setiap wilayah dinosaurus ini juga akan terdapat papan berisi penjelasan yang lengkap.

Dino keeper atau penjaga dino pun akan berada di sana guna membantu memberikan informasi lebih jelas kepada pengunjung mengenai hal-hal yang menyangkut suatu spesies dinosaurus.

Lokasi dan Rute ke Dino Park Jogja

rute dino park jogja

Dino Park Jogja terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di kawasan Merapi Park yang sudah lebih dulu terkenal.

Karena itu, tidak akan sulit bagi kamu untuk menemukannya sekalipun menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk alamat lengkap objek wisata Dino Park adalah di Jalan Museum Gunung Merapi, Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika berangkat dari Tugu Jogja, untuk sampai ke lokasi wisata Dino Park membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan jarak sekitar 22 km.

Rute yang ditempuh menuju Dino Park juga tidak terlalu sulit, yakni melalui Jalan Boyong, di mana kamu hanya perlu mengikuti papan petunjuk yang berada di sepanjang jalan hingga ke lokasi wisata.

Namun, apabila kamu masih kebingungan dan khawatir akan tersesat, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi peta online, seperti Google Maps dan Waze, atau dengan bertanya ke masyarakat sekitar.

Lihat Juga: Wisata Taman Pelangi Jogja

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Dino Park Jogja

harga tiket Dino Park Jogja
https://www.instagram.com/dinoparkjogja

Objek wisata Dino Park Jogja bisa dikunjungi setiap hari, mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Namun, waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah saat pagi atau sore hari ketika cuaca sedang cerah namun tidak terlalu panas, sehingga lebih nyaman untuk mengeksplor setiap sudut areanya.

Harga tiket masuk Dino Park Jogja cukup terjangkau. Pihak pengelola bahkan sering memberikan promo untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Untuk HTM yang berlaku hingga akhir tahun 2022 adalah sebesar Rp30.000 per orang.

Namun, kamu juga bisa memesan tiket bundling untuk akses ke tiga kawasan sekaligus, yakni Dino Park, Merapi Park, dan De Mangol View dengan harga sebesar Rp35.000.

Harga tersebut berlaku di weekday maupun weekend, serta untuk semua pengunjung, baik dewasa maupun anak-anak di atas dua tahun.

Meski begitu, harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu. Karena itu, apabila kamu hendak berkunjung dalam waktu dekat, kamu bisa mencari terlebih dahulu informasi harga tiketnya di media sosial Instagram Dino Park Yogyakarta dengan username @dinoparkjogja.

Fasilitas Menarik di dalam Dino Park Jogja

lokasi Dino Park Jogja
https://www.instagram.com/dinoparkjogja

Meski terbilang baru, fasilitas yang tersedia di Dino Park Yogyakarta terbilang cukup lengkap dan memadai.

Pengunjung akan disediakan area parkir yang cukup luas, toilet umum yang bersih, hingga mushola untuk pengunjung muslim beribadah.

Pengunjung pun tidak akan merasa bosan ataupun lapar dan haus, karena telah tersedia fasilitas menarik lainnya, seperti spot foto yang beragam, toko souvenir atau gift shop, serta area kuliner.

1. Spot Foto yang Beragam dan Instagram-able

Dino Park Yogyakarta memiliki banyak spot foto yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hobi berfoto.

Salah satu spot foto yang paling populer adalah di seluruh wilayah habitat dinosaurus, dimana pengunjung bisa berfoto dengan dinosaurus yang menunjukan aksi dengan efek-efek tertentu dengan latar belakang pemkamungan alam yang menawan.

Selain itu, terdapat pula area Indian Village yang menambah suasana khas zaman purbakala.

Pengunjung dapat melihat pernak-pernik suku Indian, mulai dari bangunan, kostum, hingga aksesoris.

Pengunjung pun bisa menyewa kostum dan atribut tersebut, yang mana sangat menarik untuk difoto.

Setelah puas berkeliling, pengunjung juga dapat bersantai dan melakukan piknik sederhana di area tenda yang telah disediakan.

Area tenda ini pun terbilang cukup Instagram-able selama kamu bisa menemukan angle dan spot yang menarik. Karena itu, jangan lupa abadikan momen ketika berada di sana, ya!

2. Toko Souvenir atau Gift Shop

Pengunjung juga sebenarnya tidak hanya bisa menyewa kostum dan atribut suku Indian.

Pengunjung juga bisa membeli pernak-pernik suku Indian ini di store yang telah disediakan di sekitar area tersebut.

Pernak-pernik ini tentu sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ataupun untuk aksesoris menghias rumah.

3. Area Kuliner

Seperti telah disinggung sebelumnya, kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan karena tersedia area kuliner yang menjajakkan berbagai macam makanan dan minuman.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, kamu bisa memesannya langsung di stand-stand kuliner yang tersedia di sana.

Itulah beberapa informasi mengenai lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, dan fasilitas yang ada di Dino Park Jogja yang merupakan objek wisata edukasi dengan konsep petualangan di alam terbuka.

Jika kamu mengira bahwa Dino Park Jogja hanya cocok untuk anak-anak, kamu kini mengetahui bahwa objek wisata ini juga menarik untuk orang dewasa bahkan kaum milenial.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke sana, pastikan untuk mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu, karena sebagian besar area wisatanya berada di luar ruangan atau outdoor.

Akan lebih baik pula apabila kamu mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar aktivitas eksplorasi terasa lebih ringan.

Jangan lupa juga untuk membawa uang tunai yang cukup agar lebih mudah ketika membeli makanan dan minuman.

Terakhir, bawalah kamera atau handphone guna mengabadikan momen-momen di lokasi wisata bersama dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar